Sustainable Ecosystems Advanced (SEA)


Proyek Sustainable Ecosystems Advanced (SEA) di Indonesia adalah bentuk dukungan USAID selama lima tahun kepada Pemerintah Indonesia dalam upaya melestarikan keanekaragaman hayati laut dan meningkatkan kepemimpinan pengelolaan sumber daya laut, baik di tingkat daerah maupun nasional. Tujuan menyeluruh dari Proyek USAID SEA adalah memastikan bantuan USAID mampu menjawab tantangan pelestarian dan pengelolaan keanekaragaman hayati laut di Indonesia melalui penguatan kapasitas, serta perbaikan pengelolaan konservasi laut dan perikanan yang berkelanjutan. Sejumlah hasil kunci yang diharapkan dapat tercapai pada akhir program ini, antara lain: 1. Setidaknya 6 juta hektar target Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) atau sub-WPP memiliki sistem pengelolaan perikanan lebih baik, yang terukur melalui Ecosystem Approach and Fisheries Management (EAFM) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan dan indeks skor efektivitas Marine Protected Area (MPA), atau standar nasional/internasional baku lainnya yang dibedakan menurut yuridiksi tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten, baik di dalam maupun di luar MPA. 2. Setidaknya 6 produk kebijakan, hukum, peraturan, dan/atau protokol kegiatan yang mendukung upaya konservasi laut dan pengelolaan perikanan yang berkelanjutan akan disusun, dikuatkan, diundangkan, dan/atau ditegakkan di seluruh tingkatan pemerintah di Indonesia. 3. Faktor-faktor ancaman dan pemberi tekanan nilai terbesar bagi keanekaragaman hayati laut akan menunjukkan kecenderungan penurunan di wilayah-wilayah sasaran.

Seluruh kegiatan Proyek USAID SEA ditujukan bagi tiga tingkatan pemerintahan di Indonesia: yakni tingkat nasional melalui Kawasan Pengelolaan Perikanan Nasional Republik Indonesia, kemudian di tiga provinsi yang saling berdekatan di Indonesia timur (Papua Barat, Maluku Utara, dan Maluku), yang berada di kawasan WPP-715, serta di sejumlah kabupaten sasaran di tiga provinsi tersebut. Proyek USAID SEA dilaksanakan oleh Tetra Tech dengan sejumlah kemitraan konsorsium, terdiri dari Wildlife Conservation Society (WCS), Coral Triangle Center (CTC), World Wildlife Fund-Indonesia (WWF), dan Yayasan Masyarakat dan Perikanan Indonesia (MDPI). Proyek ini berlangsung mulai Maret 2016 hingga Maret 2021.

 

 

Kontak

WCS Indonesia
Address: Jalan Tampomas Ujung No. 35, Babakan, Bogor Tengah - Bogor 16151 Phone: 62-251-8342135/8306029; Fax: 62-251-8357347 Email:wcsindonesia@wcs.org