Basisdata Perikanan Hiu dan Pari

Responsive image

Ikan hiu dan pari merupakan anggota kelompok ikan bertulang belakang yang termasuk ke dalam kelas Chondrichthyes. Sebagain besar jenis ikan hiu dan pari berasal dari subkelas Elasmobranchii. Di perairan Indonesia tercatat ada 221 jenis hiu dan pari, yang terdiri 117 jenis hiu, 3 jenis ikan hiu hantu dan 101 enis pari (Fahmi, 2010).


Indonesia merupakan salah satu negara dengan produksi hiu terbesar di dunia, dimana sentra-sentra perikanan hiu di Indonesia terdapat di Aceh, Sukabumi, Cilacap, Muncar, Tanjung Luar, Nusa Tenggara Timur. Saat ini perikanan hiu dan pari di Indonesia menghadapi tantangan yang cukup besar dimana populasi hiu dan pari terus mengalami penurunan sementara permintaan akan produk hiu baik dari luar negeri maupun dalam negeri sangat besar. Kondisi tersebut memerlukan upaya pengelolaan perikanan hiu dan pari secara terpadu agar pemanfaatan hiu dan pari di Indonesia berkelanjutan. Hal tersebut tentunya memerlukan data perikanan  yang cukup akurat dan lengkap.


Upaya pengumpulan data perikanan hiu dan pari yang berkesinambungan saat ini mulai dilakukan salah satunya di Pelabuhan Tanjung Luar, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Data yang dikumpulkan meliputi data sumberdaya seperti panjang ikan, pola pemanfaatan hiu dan pari seperti data produksi, armada penangkapan dan alat tangkapan. Data-data tersebut dapat menginformasikan tentang dinamika upaya penangkapan, status stok atau status terkini (present status) sumberdaya perikanan hiu dan pari di Indonesia.